Latihan & Diabetes

Anda pasti sadar bahwa olahraga dapat membantu mencegah komplikasi serius yang sering datang dengan diabetes dan penyakit jantung. Penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur membantu mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung atau, stroke membantu dalam penurunan berat badan, dan meningkatkan suasana hati.


Tapi apakah Anda tahu bahwa olahraga juga dapat membantu Anda mengurangi kadar glukosa darah Anda?

Benar. Pada penderita diabetes tipe II, latihan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah meningkat ke kisaran normal.

Berikut adalah cara. Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda menggunakan lebih banyak oksigen - sebanyak 20 kali lebih - dan bahkan lebih pada otot bekerja, daripada ketika Anda beristirahat. Jadi otot-otot menggunakan glukosa secara lebih untuk memenuhi peningkatan kebutuhan energi mereka.

Pada saat yang sama, latihan meningkatkan aksi insulin pada otot perifer, sehingga lebih efisien, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak dari insulin tubuh Anda memproduksi.

Pada orang tua dengan diabetes, penurunan sensitivitas insulin yang datang dengan penuaan adalah juga sebagian disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Jadi manfaat olahraga teratur Anda sekarang, dan tahun-tahun mendatang.

Kadang-kadang, mungkin tampak lebih mudah untuk pop pil atau bahkan mengambil gambar daripada memakai sepatu berjalan Anda dan tekan jalan. Tapi kebenarannya adalah bahwa olahraga, dalam kombinasi dengan diet sehat, adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk merawat diri sendiri jika Anda memiliki diabetes.<br><br>

Mengapa berolahraga?

Olahraga membakar kalori, yang akan membantu Anda menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Olahraga teratur dapat membantu tubuh Anda merespon insulin dan diketahui efektif dalam mengelola glukosa darah. Olahraga dapat menurunkan glukosa darah dan mungkin mengurangi jumlah obat yang Anda butuhkan untuk mengobati diabetes, atau bahkan menghilangkan kebutuhan untuk pengobatan.

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi Anda, terutama di lengan dan kaki, di mana orang dengan diabetes dapat mengalami masalah.

Olahraga dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi. Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Latihan membantu mengurangi stres, yang dapat meningkatkan kadar glukosa Anda.

Pada beberapa orang, olahraga dikombinasikan dengan makan, dapat mengontrol jenis Diabetes II tanpa perlu obat.

1 komentar:

  1. Olahraga memang bisa mencegah diabetes karena bida melancarkan sirkulasi darah.

    Thanks artikelnya.

    BalasHapus